Tugas Makalah Kewirausahaan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      Latar Belakang Masalah
Makanan-makanan yang tersedia di pasaran saat ini sangat beraneka ragam rasa dan harga yang ditawarkan, dari yang terjangkau oleh masyarakat hingga harga yang tinggi. Banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simple dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan, cemilan dan hidangan, biasanya mereka lebih memilih untuk membeli makanan dari pada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Berbagai usaha makanan memang bermunculan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat. Apalagi usaha kuliner berupa Pudding, baik pudding yang terbuat dari agar-agar maupun dari susu dan lain sebagainya. Salah satu jenis usaha yang akan kami jalankan ialah usaha membuat pudding Telor Ceplok yang saat ini banyak diminati oleh konsumen dan lagi naik daun, disamping itu kami memuat hal baru yaitu “Pudding Telor Ceplok Isi Buah”. Selain dapat dikonsumsi oleh orang dewasa, makanan satu ini juga banyak dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja. Sehingga dari berbagai lapisan masyarakat sebagian besar menyukai Pudding Telor Ceplok isi buah.

1.2.      Tujuan dan Potensi Usaha
Adapun tujun dari didirikannya usaha ini yaitu:
1.      Membuat Pudding Telor Ceplok isi buah yang menarik
2.      Mengetahui dan menerapkan strategi pemasaran yang akan digunakan untuk mengembangkan dan memperkenalkan produk baru kepada masyarakat.

1.3.      Manfaat Usaha yang Didirikan
Manfaat utama yang ingin didapat dari usaha ini adalah pengalaman berwirausaha. Selain itu usaha kami ini nanti akan menjadi salah satu upaya untuk memberikan inovasi berupa sumber makanan baru bagi masyarakat.

BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

2.1.      Keterangan Usaha
Bidang Usaha             : Jenis Kue (pudding)
Jenis Produksi             : Pudding Telor Ceplok isi Buah
Alamat Produksi         : Jl. Wadas Sari IV No. 1A
                                      RT.04/02. Kel. Pondok Betung
                                      Kec. Pondok Aren. Tangerang Selatan
No Telp / Email           : 0878-7872-6029 / Radja.Pudding@gmail.com
Visi                              :Memunculkan suatu inovasi baru dan berbeda       dengan pudding yang ada
Misi                             :Menciptakan makanan dari bahan alami, Mencari   keuntugan atau laba, serta mencapai target penjualan.

2.2.      Identifikasi Peluang Bisnis
Makanan yang merupakan kebutuhan pokok manusia dalam kehidupannya kini semakin berkembang. Kebutuhan pokok tersebut bukan hanya makanan berat seperti nasi; bubur; roti; dan makanan pokok lainnya, tetapi makanan ringan atau kue kini sudah menjadi hal pokok yang dibutuhkan masyarakat dari berbagai tingkat umur. Hal ini terbukti dengan adanya banyak produk spudding yang ditawarkan oleh warung-warung, toko-toko, dan juga supermarket
Di wilayah Bintaro tepatnya di “Pasar Modern Bintaro Jaya”, peluang bisnis lumayan cukup terbuka bagi para pelaku bisnis. Dan pada kesempatan kali ini Kami menawarkan produk kue yaitu pudding yaitu “Pudding Telor Ceplok Isi Buah“.



2.3.      Penjelassan Produk
Secara umum puding dapat dibuat secara di rebus, namun puding juga dapat dibuat dengan cara dipanggang atau dikukus yang kemudian dibekukan dan nikmati dalam keadaan puding sudah di dinginkan. Makanan ini banyak tersedia dimana-mana dan sangat mudah kita jumpai hingga dalam bentuk instant pun aneka puding sudah tersebar luas di mini market, jadi tidak perlu repot untuk mencari puding.
Pudding Telur ceplok isi buah memang memiliki warna dan bentuk yang sangat indah, dengan perpaduan warna putih dan orange. Pada penulisan resep kali adalah resep tentang puding, tetapi puding yang satu ini akan kami buat menjadi bentuk yang benar-benar mirip dengan telur ceplok. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa ini benar-benar puding karena melihat bentuknya yang sangat nyata yaitu telur ceplok.

2.4.      Proses Produksi
Pada penulisan resep kali adalah resep tentang puding, tetapi puding yang satu ini akan kami buat menjadi bentuk yang benar-benar mirip dengan telur ceplok dengan diisikan berbagai macam-macam buah. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa ini benar-benar puding karena melihat bentuknya yang sangat nyata yaitu telur ceplok. Puding telur ceplok isi buah sangat banyak digemari oleh semua orang, terutama anak-anak. Banyak anak kecil yang menyukai puding telur ceplok karena rasanya yang manis segar dan bentuknya yang unik. Ingin tau bagaimana cara membuatnya..? Yuk kita simak proses pembuatan puding telur ceplok dibawah ini.
Bahan I :
a.       1 bungkus nutrijel bubuk kuning
b.      50 gr gula pasir putih
c.       3 tetes pewarna makanan kuning nangka
d.      400 ml air mineral
e.       1 sendok makan susu bubuk ( larutkan dalam air panas )
Bahan II :
a.       1 bungkus agar-agar bubuk warna putih
b.      4 sendok makan gula pasir putih
c.       800 ml air
d.      1/2 kaleng susu kental manis

2.4.1.      Cara Membuat Puding Telur Ceplok :
1.      Campurkan semua bahan I dalam panci kecil
2.      Rebus diatas api sedang sampai mendidih sambil diaduk-aduk
3.      Matikan api lalu masukkan susu bubuk yang sudah dilarutkan dalam air panas, aduk hingga merata
4.      Tuang dalam cetakan apem jangan terlalu penuh hanya setengah bagian saja supaya membentuk kuning telur, diamkan sampai dingin dan beku ( lakukan sampai selesai )
5.      Rebus semua bahan II kecuali susu kental manis diatas api sedang sambil diaduk-aduk dan tunggu sampai mendidih
6.      Matikan api lalu masukkan susu kental manis kedalam rebusan agar-agar putih, aduk rata
7.      Siapkan cup plastik bulat lalu tuang agar-agar putih kedalamnya, diamkan sampai setengah beku
8.      Letakkan agar-agar nutrijel kuning diatas agar-agar putih ( lakukan sampai selesai ) lalu diamkan sampai benar-benar beku
9.      Puding telur ceplok siap dinikmati

2.4.2.      Manfaat puding
1.      Mengurangi stress
Tahukah anda jika terdapat kandungan asam amino pada agar – agar yang diyakini membantu menurunkan tingkat stressor tinggi. Jadi baik sekali bilamana anda mengkonsumsi pudding atau agar – agar ketika mengalami depresi atau saat kacau pikiranya.
2.      Mencegah radang sendi
Ternyata agar – agar juga bisa untuk meminimalisir rasa sakit di area persendian atau radang sendi. Yang berperan penting dalam hal ini yakni kandungan kolagenya dimana berperan sebagai pelumas bagian persendian.
3.      Mencegah Osteoporosis
Seiring dengan berjalanya waktu, seseorang kemungkinan besar akan mengalami yang namanya osteoporosis jika tidak bisa menjaga kesehatan tulang secara maksimal. Jadi salah satu obat alami kaitanya dengn pencegahan osteoporosis yaitu dengan mengkonsumsi agar – agar karena memiliki kandungan kalsium 10 kali lebih besar daripada segelas susu.
4.      Menyehatkan rambut
Di dalam agar – agar terdapat jenis asam folat yang berguna untuk memelihar kesehatan rambut. Sehingga terjadinya kerontokan atau kekusaman rambut bisa dicegah melalui konsumsi rutin atau berkala lewat sajian pudding atau agar – agar.
5.      Meningkatkan imunitas
Manfaat Agar-agar kelima yaitu mampu meningkatkan imunitas. Terbukti bahwa adanya kandungan vitamin B dan karbohidrat sangatlah membantu memproteksi diri anda dari beberapa gangguan penyakit ringan.
6.      Mengurangi kolesterol
Dengan mengkonsumsi agar – agar maka tubuh anda akan terhindar dari penumpukan kolesterol jahat yang bisa memunculkan penyakit baru seperti aterosklerosis (penyumbatan lemak pada pembuluh darah).
7.      Sebagai anti kanker
Agar – agar sampai sekarang pun masih dipercaya dapat mencegah kanker utamanya kanker payudara. Hal ini dikaitkan dengan bahan utama rumput laut yang mengandung banyak vitamin maupun mineral bagus untuk kesehatan tubuh. Sementara itu, sebuah penelitian di Amerika menyebutkan kalau wanita menopause di jepang 3x lebih kecil kanker payudara karena sering mengkonsumsi rumput laut.
8.      Mengatasi Kardiovaskuler
Dalam artian bahwa ada keterkaitan untuk menstabilkan tekanan darah seseorang. Begitupun hal ini diperkuat dari pernyataan ilmuwan jepang jika ekstrak rumput laut bisa menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).
9.      Makanan diet
Rumpu laut sebagai bahan utama agar – agar mempunyai kandungan fiber atau serat tinggi sehingga hal tersebut bisa mengenyangkan perut, jadi cocok bagi anda penderita obesitas atau sedang menjalankan diet.
10.  Penutup luka
Seperti dikatakan sebelumnya jika sifat agar – agar salah satunya adalah menyerap air, dengan begitu proses untuk pembekuan darah pada saat terkena luka bisa lebih cepat kering.









BAB III
ASPEK PEMASARAN DAN ANALISI SWOT

3.1.      Analisis Peluang Usaha
Dalam program ini analisis peluang usaha yang dilakukan menggunakan analisis SWOT. Adapun analisis SWOT yang dijelaskan sebagai berikut :
1.      Strenght ( Kekuatan yang mendukung usaha)             
a.       Jumlah bahan yang melimpah
b.      Harga bahan baku yang murah serta modal mencukupi
c.       Proses pengolahan yang mudah
d.      Kemampuan membuat kue
e.       Menjual produk untuk semua kalangan msayarakat yang memiliki rasa bahan yang hegienis
f.       Lingkungan yang banyak masyarakat
g.      Harga terjangkau, dari kalangan manapun bisa membeli
2.      Weakness ( Kelemahan yang menghambat usaha )                :
a.       Hasil tidak tahan lama
b.      Naiknya bahan sembako
c.       Prokduknya mudah ditiru
d.      Tidak punya tempat luas untuk membuka tokonya tersendiri
e.       Modal untuk membuat tokonya tersendiri tidak cukup
3.      Opportunity ( Peluang dapat ditemukan )                              :
a.       Membuka toko tersendiri serta cabangnya
b.      Dapat pesanan dari pelanggan
c.       Omset penjualan selalu menaik
d.      Dapat keuntungan yang baik atau naik/banyak
e.       Hasil produksinya dapat tercapai
4.      Threat ( Ancaman usaha )                                                       :
a.       Banyaknya pesaing yang menjual produk dengan yang harga lebih.
b.      Komplen pada konsumen
c.       Harga barang yang selalu naik
d.      Bahan tidak lama

3.2.      Situasi Persaingan
Karena produk masih dapat dikatakan produk langka atau masih jarang yang memproduksinya sehingga kami dengan mudah memasarkan produk kami. Oleh karena itu kami dapat memasarkannya dengan harga yang seimbang dengan biaya produksi kami, kemungkinan besar kami memperoleh keutungan semaksimal mungkin.

3.3.      Penetapan Pemasaran
1.      Product (produk)
Produk yang dijual yaitu “Pudding Telor Ceplok Isi Buah” yang merupakan makanan jajanan yang digemari masyarakat dan untuk semua kalangan masyarakat yang memiliki rasa bahan yang hegienis.
2.      Promosion (pemasaran)    :
Bisnis makanan adalah bisnis kepercayaan dan ”rasa”. Di awal usaha, kami membuat promosi dengan menawarkan harga miring
3.      Dristribusi                        :
Untuk membuka usaha, pendistribusiannya di mulai dari kalangan keluarga yang akan mengadakan acara. Dengan demikian, semua kenalan dapat mengetahui kualitas dari produk kami. Dari situ dapat terbentuk kepercayaan
4.      Place (tempat)                   :
Tempat yang dipilih yaitu di “Pasar Modern Bintaro Sektor 7”.
5.      Harga Jual
Untuk saat ini harga yang kami keluarkan yaitu 5.000/pcs



BAB IV
PERENCANAAN BISNIS


4.1.      Rencana Biaya Usaha
4.1.1        Biaya Produksi usaha
Biaya untuk menunjang kegiatan produksi per bulan:
Jenis Biaya Umum Dagang
Total (Rp)
1. Peralatan penunjang dagang
Rp. 150.000,-
2. Bahan bakar motor,gas kompor,dll
Rp. 200.000,-
3. Listrik, air, dll
Rp.   50.000,-
 Total
Rp. 400.000,-


Bahan-bahan (Per bulan)
Agar – Agar Plain 1 Dus                                             Rp.     200.000,-
Susu Kental Manis  9 kaleng                                       Rp.     100.000,-
Pewarna Makanan                                                       Rp.       50.000,-
Gula 10 Kg                                                                 Rp.     100.000,-
Cup Puding                                                                  Rp.     100,000,-
Buah-buahan                                                               Rp      100,000,-
      Biaya tidak terduga                                                     Rp.     100.000
TOTAL                                                      Rp.    750.000,- +

  Total   Pengeluaran Rp.400.000  Rp. 750.000=          Rp. 1.150.000,-

Perhitungan Usaha dan Asumsi Pendapatan
a.       Pendapatan kotor dalam satu bulan
Penjualan min. 30pcs/hari x @ Rp. 5.000,-x 20 Hari         Rp. 3.000.000,-
Total Pendapatan Kotor Satu Bulan                              Rp. 3.000.000,-

Laba Bersih Per Bulan
(Pendapatan Kotor – Biaya Bahan Baku dan Biaya Oprasional)

(Rp. 3.000.000 - Rp. 1.150.000)               =  Rp.  1.850.000,- 
 Total Laba bersih                                    = Rp. 1.850.0000,-



BAB V
PENUTUP

5.1.      Kesimpulan
Usaha produksi Pudding Telor Ceplok Isi Buah merupakan usaha pengolahan makanan dengan bahan pudding dan susu. Strategi pemasaran yang digunakan adalah pemasaran langsung serta bekerja sama dengan warung-warung. Produk ini dikemas dengan plastik dan cup pudding serta diberi label, sehingga konsumen mudah mengenali produk tersebut serta menarik minat konsumen untuk membelinya.


Description: Ethernet WUSB32 (11 mbps)




Description: Ethernet SMC2402W (11-22 Mbps)

Description: kabel

Description: fo
Description: PCMCIA EthernetCard
Description: Terminator, T-ledd og BNC-plugg

5.2.      Saran
Produk Pudding Telor Ceplok Isi Buah diproduksi dengan proses produksi yang sederhana dan membutuhkan keterampilan oleh si produsennya. Oleh karena itu, kami selaku pelaku usaha akan secara kontinyu melakukan inovasi pada produk sehingga tidak membuat kejenuhan konsumen pada produk
 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh kardinalitas ERD

Tugas_1 Latihan ERD