PERTEMUAN 8



apa itu system software?
program yang mengontrol operasi komputer

fungsi dari operating system?
Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.
memulai komputer, memanage program dan memory, memonitor performa komputer, mengendalikan jaringan, sebagai admin keamanan, sebagai user interface

apa itu cross-platform application?
aplikasi yang dapat mengidentifikasi berbagai macam operating system

apa itu booting?
proses memulai atau menyalakan kembali komputer
cool boot=menyalakan komputer saat komputer mati
warm boot=memulai ulang komputer dalam keadaan komputer menyala

pesan apa yang muncul saat komputer dalam keadaan booting?
versi bios, kapasitas total memory,device yg terdeteksi,pesan pembuka, sound card dan cd/dvd driver yg ada

bagaimana personal komputer boot up?
-power supply mengirim sinyal ke komponen di system unit
-processor mengakses bios untuk memulai komputer
-bios menjalankan test yg disebut POST, untuk mengecek hardware dan drivernya
-hasil dari POST dibandingkan dng data CMOS chip
-BIOS mencari system file di floppy disk drive, atau CD/DVD drive, lalu harddisk
-kernel (core) dari operating system di masukan dlm RAM
-operating system menampilkan informasi konfigurasi dan desktop di layar monitor

apa itu recovery disk?
berisi system file untuk memulai komputer saat komputer tidak bisa booting atau biasa disebut boot disk

apa itu user interface?
pengontrol untuk memasukan data, instruksi, dan tampilan informai di layar

apa itu graphical user interface (GUI)?
pengguna berinteraksi dng menu dan gambar visual seperti ikon dan tombol

apa itu memory management?
mengoptimasi RAM dng virtual memory (VM), partisi dari harddisk di alokasi sbg RAM

bagaimana operating system schedule bekerja?
menerima data dari perangkat input
mengirim informasi ke perangkat output
proses instruksi
mentransfer item antara media penyimpanan dan memori

apa itu spooling?
Pengiriman data ke penyimpanan tambahan untuk waktu pemrosesan

apa itu device driver?
komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi. Device driver, umumnya akan dimuat ke dalam ruangan kernel (kernelspace) sistem operasi selama proses booting dilakukan, atau secara sesuai permintaan (ketika ada intervensi pengguna atau memasukkan sebuah perangkat plug-and-play).

apa itu network operating system?
sistem operasi yang berisi fitur tambahan untuk meningkatkan fungsionalitas dan pengelolaan di lingkungan jaringan.

apa itu utility program?
program-program(dalam hal ini pada Windows) yang memiliki kegunaan yang besar untuk berbagai macam kebutuhan seperti maintenance.

apa itu file manager?
aplikasi yang berguna untuk mengatur atau memanage semua file yang berada di dalam komputer, file manager dapat digunakan untuk mencari file, sorting file, rename file, copy file, delete file, dan masih banyak lagi.

apa itu disk scanner?
program untuk memeriksa struktur file sistem, tabel lokasi file (file allocation table) dan dapat untuk mengetahui ada tidaknya badsector.

apa itu disk defragmenter?
program yg digunakan untuk mengatur struktur atau tata letak file sehingga akan mengurangi fragmentasi sebuah space harddisk.

apa itu diagnostic utility?
program untuk melakukan menyusun informasi secara teknik tentang hardware dan beberapa software. Mempersiapkan laporan masalah secara terurai.

apa itu backup utility?
program untuk melakukan duplikasi file-file yang dipilih atau seluruh hard disk ke disk atau tape. Umumnya melakukan compress files pada saat melakukan backup sehingga membutuhkan tempat lebih kecil.

apa itu screen saver?
suatu gambar animasi yg dapat muncul di layar komputer saat komputer dalam keadaan hidup namun didiamkan saja tanpa melakukan kegiatan komputer

apa itu disk operation system (DOS)?
sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an. Sekarang DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan.

apa itu windows xp?
jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama “XP” adalah kependekan dari “Experience”. Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT.

apa itu mac os x?
Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI). MAC OS X adalah penerus dari MAC OS (Klasik)

apa itu unix?
sistem operasi komputer, bisa disebut juga software dasar yang mengendalikan sistem komputer dan peripheral nya. Dalam hal ini, UNIX berperilaku sama dengan Windows atau MacOs, dalam hal ini menyediakan mekanisme dasar untuk booting komputer, log in, menjalankan aplikasi, menyimpan dan mengambil file, dll.

apa itu linux?
software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. jadi anda diijinkan untuk menginstal pada komputer anda ataupun mengkopi dan menyebarluaskannya tanpa harus membayar. linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC. Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code).

apa itu embedded operating system?
sistem operasi untuk sistem embedded. Sistem operasi ini dirancang secara efisien dan compact, mengabaikan fungsi-fungsi yang biasanya disediakan oleh sistem operasi komputer non-embedded, dan tidak dapat digunakan oleh aplikasi khusus yang dijalankannya.

apa itu Symbian OS?
sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk peralatan bergerak mobile. OS Symbian yang didirikan sejak tahun 1998 dulunya digunakan oleh Nokia dan hingga saat ini telah digunakan oleh banyak Vendor Smartphone.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh kardinalitas ERD

Tugas_1 Latihan ERD

Tugas Makalah Kewirausahaan