QUIZ komponen system unit

1.       Unit komputer (system unit) adalah suatu rangka yang di dalamnya  terdapat komponen-komponen elektronik  dari komputer yang digunakan untuk memproses data. Sebuah komputer terdiri atas perangkat-perangkat yang digunakan untuk menerima masukan (input), melakukan proses, mengeluarkan hasil (output), menyimpan dan berkomunikasi. Kebanyakan komponen ini adalah bagian dari komputer.  Pada komputer dekstop atau komputer pribadi (personal computer-PC), komponen-komponen elektronik dan kebanyakan media penyimpanan adalah bagian dari komputer. Perangkat lain seperti keyboard, mouse, mikrofon, monitor, printer, pemindai (scanner), kamera video, dan pengeras suara (speaker), umumnya menempati ruang di luar unit komputer.
2.       Moder Board adalah Main papan sirkuit atau papan rangkaian yang digunakan untuk meletakan komponen-komponen elektronika .
Berisi kartu adapter, chip prosesor, dan Chip memori
Juga disebut board sistem.
3.       CPU merupakan komponen terpenting dari sistem komputer. CPU adalah komponen pengolah data berdasarkan instruksi – instruksi yang diberikan kepadanya. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU). Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut register.
4.       ada 3 sistem Pengkodean data dalam penyajian data yaitu
ASCII-American Standard Kode untuk Informasi Interchange
EBCDIC-Holiday Binary Coded Decimal Interchange Kode
Unicode-skema pengkodean yang mampu mewakili semua? Bahasa dunia
5.       Byte adalah Delapan bit dikelompokkan bersama sebagai satu unit
Menyediakan kombinasi yang berbeda cukup 0s dan 1s untuk mewakili 256 karakter individu
Bilangan Huruf Besar Dan huruf kecil Surat Tanda baca Tanda
6.       Data dipresentasikan
7.       Bagaimana data direpresentasikan dalam computer ?
Tipe Array
Selama ini anda mendeklarasikan variabel dengan tipe data yang telah dijelaskan di sub bab sebelumnya. Satu hal yang harus anda fahami adalah bahwa variabel yang anda deklarasikan tersebut hanya bisa menyimpan satu buah data. Jadi di dalam satu buah variabel hanya berisi satu buah nilai. Tetapi sekarang ada tipe namanya tipe array, tipe ini memungkinkan kita untuk mengisikan beberapa buah data ke dalam satu buah variabel. Jadi satu buah variabel dapat menampung lebih dari satu data.int id = 10; <– variabel id hanya bisa menampung satu data (10)
int score[5] = {40, 20, 70, 82, 58}; <== variabel score dapat menampung 5 buah data sekaligus
int fd[3];char nama[7] = “suwardi”;
char ch_name[5] = {‘w’, ‘a’, ‘r’, ‘d’, ‘i’};
float rata2[3] = {5.06, 0.3, 4.5};
Contoh di atas, yang pertama adalah deklarasi variabel biasa dengan tipe integer menyimpan nilai 10. Sedangkan contoh kedua adalah variabel dengan tipe integer yang dapat menyimpan 5 buah nilai di dalamnya. Contoh deklarasi variabel yang kedua ini dapat langsung dituliskan anggota-anggota tiap elemenya. Contoh deklarasi variabel yang ketiga juga array yang dapat menampung tiga buah data, namun tidak langsung disebutkan isi datanya. Dalam menentukan jumlah elemen array, kita bisa langsung menentukan dengan bilangan di dalam kurung siku seperti pada contoh deklarasi kedua dan ketiga di atas. Namun untuk lebih efektifnya terutama dari segi performa, akan lebih baik jika jumlah elemen array kita tentukan dengan definisi konstan seperti contoh di bawah ini.
#define BUFF_LEN 512
unsigned char buffer[BUFF_LEN];
Array tersusun dalam bentuk elemen yang dapat diakses lewat index. Jika kita mengambil contoh variabel score yang telah dideklarasikan di atas, variabel itu dapat kita jabarkan sebagai berikut:
int score[5] = {40, 20, 70, 82, 58};
isi data | 40 | 20 | 70 | 82 | 58 |
—————————————————–
index/elemen | 0 | 1 | 2 | 3 | 4 |
Nah dari gambaran di atas dapat kita lihat bahwa variabel score adalah sebuah array yang memiliki lima buah data yang berada dalam lima buah elemen array. Simak saja, data pertama adalah 40 yang menempati index ke-0. Sedangkan data kedua adalah 20 yang menempati index ke-1, dan seterusnya.
Tipe Pointer
Di dunia pemrograman khususnya C, ada dua hal yang pasti ada, yaitu objek dan fungsi. Fungsi sudah jelas mengenai peranan maupun kegunaanya, seperti fungsi main adalah fungsi yang harus ada di dalam sebuah program yang ditulis dengan bahasa C. Objek biasanya berupa variabel. Sekarang, bagaiman hubungannya dengan pointer?. Hubungannya sangat erat, pointer dapat mereferensikan objek maupun fungsi. Nilai (isi yang ada) di dalam pointer adalah alamat objek atau fungsi. Contoh deklarasi pointer.
int *p; /* p adalah pointer (penunjuk) ke objek yang bertipe int */
char *explode; /* explode adalah pointer (penunjuk) ke objek yang bertipe char */
int (*fp)(); /* fp adalah pointer (penunjuk) ke fungsi yang mengembalikan tipe int */
Untuk lebih memahami konsep tentang pointer, sekarang kita ambil contoh tentang suasana belajar mengajar ketika berada di bangku sekolah, katakanlah SMA. Sewaktu proses belajar mengajar itu pak guru sedang menerangkan pelajaran matematika kepada para murid. Pak guru menggunakan stick untuk menunjuk apa yang tertulis di papan tulis saat menerangkan. Dari sini bisa kita fahami bahwa angka-angka yang tertulis di papan tulis dapat kita sebut sebagai data. Sedangkan stick yang digunakan pak guru untuk menunjuk angka-angka di papan tulis sewaktu menerangkan dapat kita sebut sebagai pointer. Jadi pendek kata, pointer adalah penunjuk, yang ditunjuk adalah data. Sehingga tidak heran jika pointer berisi alamat variabel. Karena untuk menunjuk sesuatu, kita harus tahu dimana letak sesuatu yang kita tunjuk itu berada. Untuk menujuk variabel di memori, otomatis harus tau letak alamat variabel itu berada.
Dengan pointer kita bisa mendapatkan alamat variabel, kita juga bisa mengakses isi variabel lain yang kita tunjuk. Bagaimana caranya?, di C ada dua operator yang sering dipakai dalam hal pointer. Yaitu operator * (karakter asteric) dan operator & (address operator). Perhatikan contoh di bawah ini.
int main() {
int i,j;
int *p, x;
p = &i;
printf (“isi p = %d\n”, p);
i = 10;
printf (“isi i = %d\n”, i);
printf (“isi p = %d\n”, p);
x = *p;
printf (“isi x = %d\n”, x);
printf (“isi p = %d\n”, p);
*p = 20;
printf (“isi i = %d\n”, i);
return 0;
}
//////// kompilasi \\\\\\\\
% cc p.c -o p
% ./p
isi p = -1073745020
isi i = 10
isi p = -1073745020
isi x = 10
isi p = -1073745020
isi i = 20
\\\\\\\\ end /////////
Dari contoh di atas kita dapat melihat bahwa pointer *p digunakan untuk mereferensikan variabel i. Kemudian ketika kita memberikan nilai pada *p maka secara otomatis nilai variabel i akan terganti. Jadi kita bisa mengakses variabel i via pointer *p.


8.       Co Processor adalah chip yang membantu prosesor dalam melakukan tugas-tugas tertentu
Salah satu jenis adalah floating-point coprocessor, juga Dikenal sebagai matematika atau coprocessor numerik.
9.       Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan computer.
10.   RAM merupakan salah satu jenis memori internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan instruksi. Dengan menggunakan tambahan RAM ke dalam komputer dapat menghasilkan pengaruh positif pada kinerja dan kecepatan computer.
11.   Berapa banyak kebutuhan memori yang kita gunakan ?
Jika menggunakan Hyper-V yang berdiri di atas Windows Server 2008 dibutuhkan setidaknya 1GB. Naikkan saja sedikit supaya agak lega, misal minimal jatahnya 2GB. Artinya kebutuhan kita adalah 40GB + 2GB = 42GB. Itulah jumlah memory yang mesti tersedia di host server. Semakin besar semakin bagus. Jadi jika dana mencukupi sah-sah saja kita jadikan 64GB. Setidaknya bisa saja sebagian server virtual bisa kita beri tambahan memory kembali agar lebih baik

12.   Cache  (memory cache) adalah membantu kecepatan proses komputer dengan menyimpan instruksi dan data yang sering dugunakan.
– L1 cache di buat di prosesor
– L2 cache lambat tapi mempunyai kapasitas yang lebih besar
– L2 advance transfer cache lebih cepat
– L3 cache kelanjutan dari chip prosesor di motherboard, L3 hanya digunakan pada komputer yg menggunakan L2 advance transfer cache
13.    Flash Memory adalah sebuah Memori kilat (flash memory) sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman. Istilah awamnya, dia adalah suatu bentuk dari chip memori yang dapat ditulis, tidak seperti chip memori akses acak atau RAM, memori ini dapat menyimpan datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik. memori, USB flash drive,  pemutar MP3, kamera digital, dan telepon genggam.
14.   CMOS atau Compelementary Metal Oxide Semi conductor. RAM
kecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOS
saat komputer sedang dimatikan. CMOS merupakan
perluasan dari teknologi MOS yang menghasilkan IC
dengan kebutuhan tenaga baterai rendah.
15.   Port merupakan satu set perintah yang digunakan oleh komputer untuk memindahkan data dari atau ke perangkat lain, misalnya untuk berhubungan dengan keyboardmouseprinter, modemmonitor dan sebagainya.  Konektor (Connector) dalam Teknik Elektronika adalah suatu komponen Elektro-Mekanikal yang berfungsi untuk menghubungkan satu rangkaian elektronika ke rangkaian elektronika lainnya ataupun untuk menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lainnya. Pada umumnya, Konektor terdiri Konektor Plug (male) dan Konektor Socket (female).
16.   PC Card merupakan pemendekan kata dari induk asosiasinya yaitu Personal Computer Memory Card International Association (PCMCIA) atau Asosiasi Internasional Kartu Memori PC yang dimaksud untuk memudahkan dibaca serta diingat. PC Card merupakan salah satu bentuk di antara kartu memoriy pertama yang dibuat pada tahun 1990-an dan setelah berkembang jenis dan modelnya, kini dipakai khusus sebagai perangkat koneksi pada notebok, misalnya sebagai modem untuk melakukan koneksi internet melalui frekuensi Gsm atau CDMa, wireless card, dan lainnya.
Memory card  atau kartu memori merupakan sebuah alat (card) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data digital (seperti gambar, audio dan video) pada sebuah gadget seperti  kamera digitalPDA dan Handphone. Ukuran dari karu memori ini bermaca-macam mulai dari 128MB, 512MB, 1GB dan seterusnya bahkan sampai ada Memory Card dengan kapasitas 32GB atau lebih. 
17.   PORT SERIAL: adalah sebuah port pada personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satu satuan waktu. Dalam serial port, pengiriman informasi tidak memungkinkan untuk melakukan secara banyak sekalius. Hal ini disebabkan karena dalam melakukan pemindahan data, biasanya serial port bekerja seri, misalnya COM 1 dan COM 2. Untuk penggunaan port serial sekarang ini sudah berkurang.
PORT PARALLEL: Port yang digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki kabel untuk port parallel. Port paralel bekerja dengan mengirim dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel. Termasuk dalam port paralel adalah port penghubung printer, modem, dan port penghubung disk drive.
18.   PORT USB: Merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau feriperal lainnya seperti mouse, keyboard, modem, card wireless, dan lain sebagainya. Port USB merupakan pengembangan dari port serial. Saat ini, port usb paling populer digunakan, misalnya untuk flash disk, harddisk eksternal, mouse, keyboard.
19.   Bus adalah sebuah subsistem yang mentransfer data atau listrik antar komponen komputer di dalam sebuah komputer atau antar komputer. Tidak seperti hubungan titik-ke-titik, sebuah bus secara logika dapat menghubungkan beberapa alat dalam satu set kabel yang sama. Setiap bus mendefinisikan set konektornya ke alat colok fisik, kartu, atau kabel bersamaan.
Bus expansion Berbagai jenis expansion BUS antara lain:
1. ISA(Industry Standard Archetectur)
BUS yg biasa digunakan untuk mouse, modem card, dan network card yg berkecepatan rendah. Karna kecepatan pengiriman sangat rendah
2. VESA Local BUS
Biasa digunakan untuk harddisk dan VGA karna dirancang untuk koneksi berkecepatan tinggi
3. PCI(peripheral Component Interconect)
Card yg biasa digunakan untuk VGA, SCSI, dan Network berkecepatan tinggi.
dan PCI adalah pengganti VESA Local BUS.
4. AGP(Accelerated Graphikcs Port)
Biasa digunakan untuk meningkatkan kecepatan pengiriman gambar dan video 3-D yg biasa digunakan pada Game-Game beresolusi tinggi.Dan dibuat oleh Intel.
20.   Computer mobile adalah teknologi tanpa kabel, biasanya berukuran kecil, portabel/dapat dibawa kemana-mana, dan mendukung komunikasi.
 beberapa definisi mobile computer atau biasa disebut mobile computing, yaitu :
  • Mobile Computing merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel).
  • Mobile Computing adalah sebuah komputasi menggunakan teknologi yang tidak terhubung secara fisik, atau dalam jarak jauh atau lingkungan mobile (non statik).
  • Mobile Computing adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan wireless serta mendukung komunikasi.

seperti notebook, tablet PC, smart phone,dan pda
21.   Power supply adalah sebagai alat atau perangkat keras yang mampu menyuplai tenaga atau tegangan listrik secara langsung dari sumber tegangan listrik ke tegangan listrik yang lainnya. Power supply biasanya digunakan untuk komputer sebagai penghantar tegangan listrik secara langsung kepada komponen-komponen atau perangkat keras lainnya yang ada di komputer tersebut, seperti hardisk, kipas, motherboard dan lain sebagainya. Power supply memiliki input dari tegangan yang berarus alternating current (AC) dan mengubahnya menjadi arus direct current (DC) lalu menyalurkannya ke berbagai perangkat keras yang ada dikomputer kita. Karena memang arus direct current (DC)-lah yang dibutuhkan untuk perangkat keras agar dapat beroperasi, direct current biasa disebut juga sebagai arus yang searah sedangkan alternating current merupakan arus yang berlawanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh kardinalitas ERD

Tugas_1 Latihan ERD

Tugas Makalah Kewirausahaan